Mengupas Keindahan Alam Air Terjun Tiga Tingkat, Curug Cigangsa


Membahas mengenai Sukabumi, salah satu kota yang ada di Jawa Barat yang namanya sudah banyak dikenal masyarakat. Berbicara mengenai Sukabumi, belum lengkap rasanya kalau tidak membahas mengenai objek wisatanya. Nah Sukabumi memiliki  salah satu objek wisata air terjun yang bernama Curug Cigangsa. Curug Cigangsa memiliki ketinggian 30 meter sehingga kamu bisa langsung melihat derasnya air lho! Untuk itu, air terjun yang satu ini tidak kalah cantik dari air terjun lain yang ada di Sukabumi. Nah seperti  apa si Curug Cigangsa ini? Yuk simak ulasan berikut ini.

Daya Tarik Curug Cigangsa
Curug Cigangsa memiliki kata “Gangsa” yang diambil dari seorang toko yang bernama Eyang Gangsa. Dulunya kawasan air terjun ini juga sempat menjadi tempat persembunyian para pejuang Indonesia. Nah yang menjadikan Curug Cigangsa berbeda dari air terjun lainnya yaitu karena memiliki tiga tingkat yang katanya berasal dari lava yang sudah membeku, namun ada juga yang mengatakan kalau Curug Cigangsa terbentuk dari gempa besar yang pernah terjadi di daerah ini. Curug Cigangsa memiliki keuinikan yaitu dinding batuannya memiliki warna kehitaman sebagaimana menjadi jalur mengalirnya air. Disini kamu bisa menikmati pesona alamnya dari arah atas dan bawah sekaligus. Jika ingin menikmati pesona alamnya dari bawah, kamu harus menuruni lereng yang lumayan curam dengan kondisi jalan  licin sehingga kamu harus tetap berhati-hati ya!  Di sekitar kawasan air terjun ini terdapat sebuah batu yang diberi nama Batu Masjid atau batu Masigit. Selain sebagai tempat wisata, Curug Cigangsa kini juga dijadikan sebagai tempat irigasi sawah oleh warga setempat.

Lokasi dan rute menuju Curug Cigangsa
Wisata Curug Cigangsa terletak di Desa Batusuhunan, Kecamatan Sukade , Sukabumi, Jawa Barat. Lokasinya berjarak kurang lebih 110 km dari pusat kota Sukabumi atau sekitar 1 km saja dari kecamatan Surade. Nah jika kamu berencena berkunjung kesini, kamu bisa mengikuti jalur utama Sukabumi-Ujunggenteng yang terletak setelah jalur masuk Curug Cikasi tepatnya di Alun-alu Surade. Nantinya kamu harus memakirkan kendaraan di rumah warga kemudian perjalanan dilanjutkan selama 10 menit dengan berjalan kaki melewati sawah dan menyebrangi sungai. Nantinya kamu akan melihat sebuah papan yang tertulis Curug Luhur(nama lain dari Curug Cigangsa).  Nah jika kamu masih kebingungan menemukan lokasi wisata, kamu bisa menggunakan aplikasi Google Maps.

Fasilitas
Fasilitas disini sudah lumayan memadai mulai dari lahan parkir, kamar mandi, penginapan, mushola, dan warung-warung kecil.

Demikian informasi seputar Curug Cigangsa, apakah kamu tertarik untuk mengunjunginya? Jika iya, yuk rencanakan liburanmu untuk berkunjung kesini!